Tahun Ini UIN Jakarta Bakal Kirimkan 25 Kelompok KKN di Tangsel

Ruang Diorama, BERITA UIN OnlinePusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta bakal mengirimkan 25 kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan tersebar ke beberapa kelurahan di Kota Tangerang Selatan. Hal ini mengingat selama 4 tahun terakhir, KKN UIN Jakarta selalu terfokus di Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Bogor.

Demikian disampaikan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) UIN Jakarta, Djaka Badranaya S.Ag, ME dalam acara workshop kemitraan bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) dan Lurah se-Kota Tangerang Selatan, Kamis (31/03) di Ruang Diorama Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

“Kedepan kita akan banyak komunikasi dengan beberapa kelurahan yang menjadi desa binaan UIN Jakarta di Tangsel, sementara ini akan lebih kita fokuskan di 5 sampai 8 desa di Kecamatan Setu, karena di daerah tersebut dirasakan lebih membutuhkan,” ujarnya.

Djaka menambahkan, KKN UIN Jakarta kedepan akan lebih memfokuskan pada penyebaran mahasiswa ke beberapa lembaga, panti sosial, atau sekolah yang membutuhkan tenaga volunteer sebagai mitra pengabdian.

“Setiap tahun, 4000 mahasiswa tingkat akhir saja yang kita sebar ke beberapa desa. Tapi kedepan, kita akan buka volunteer mahasiswa mulai dari semester 3 untuk diperbantukan di panti asuhan, panti jompo, dan sekolah-sekolah yang membutuhkan tenaga pengajar,” tambahnya.

Sementara itu, untuk pendampingan desa binaan, UIN Jakarta akan berkolaborasi dan bekerjasama dengan BAPPEDA Kota Tangerang Selatan melalui program kerjasama pengembangan potensi-potensi wilayah. (NJS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *